Selasa, Juli 28, 2009

Tips-Tips Menggunakan Layanan SMS Broadcast

Jika perusahaan atau organisasi Anda sedang berencana menggunakan layanan SMS Bulk untuk memaintain customer atau member Anda, maka perlu ada persiapan-persiapan sebelum Anda menggunakan aplikasi ini.

1. Siapkan terlebih dahulu dokumen-dokumen yang diperlukan

Pihak vendor SMS broadcast biasanya membutuhkan dokumen-dokumen dari perusahaan Anda untuk pengurusan kepada pihak operator, terutama Telkomsel. Dokumen-dokumen inilah yang nantinya dijadikan tolak ukur penilaian oleh pihak operator apakah perusahaan Anda layak menggunakan layanan sender ID atau tidak.

Dokumen-dokumen yang harus Anda serahkan biasanya berupa NPWP, SIUP, surat pernyataan, formulir keanggotaan, dan sebagainya. Hal ini diperlukan untuk mengurangi kemungkinan SMS sender ID yang diberikan digunakan untuk tujuan spamming.

Tanyakan kepada vendor Anda dokumen-dokumen yang harus disiapkan.

2. Siapkan daftar database member/ customer yang hendak dikirimkan SMS blast

Sering terjadi sebuah perusahaan baru mulai merapi-rapikan database customernya setelah mereka DEAL dengan vendor SMS broadcast yang mereka tunjuk. Hal ini tentunya kurang efisien dari segi waktu.

Agar SMS broadcast bisa segera dikirimkan secara cepat, maka database customer ini sebaiknya telah siap sebelum aplikasi dapat dijalankan. Jadi, ketika Anda telah memiliki akses untuk mengirimkan SMS broadcast, Anda hanya perlu upload file database customer tersebut ke dalam aplikasi SMS tersebut.

Tanyakan kepada vendor Anda sebelumnya bagaimana format database yang dapat diupload ke dalam aplikasi.

3. Bacalah terlebih ketentuan-ketentuan yang berlaku

Ada baiknya menyisihkan waktu beberapa menit untuk membaca ketentuan-ketentuan (TOS) terlebih dahulu. Ada beberapa hal penting yang perlu diketahui berkaitan dengan jasa pengiriman SMSbroadcast ini.

Beberapa diantaranya adalah:
- Maksimal sender ID berjumlah 11 karakter
- Hari-hari dan jam-jam tertentu dimana pengiriman sender ID ke Telkomsel tidak boleh dilakukan
- Spesifikasi layanan dari masing-masing vendor, seperti jumlah maksimal karakter, operator-operator apa saja yang bisa dikirimkan sender ID, tenggat waktu layanan, dan sebagainya.

Pastikan Anda mendapatkan Terms of Service ini dari vendor SMS blast Anda.

4. Test sebelum melakukan blast SMS

Jika ini pertama kali Anda menggunakan aplikasi SMS broadcast, maka sebelum Anda mengirim ke banyak nomor handphone dari customer Anda, sebaiknya Anda melakukan testing dulu ke nomor handphone Anda sendiri (misalnya).

Hal ini untuk mencegah jika seandainya ada terjadi kesalahan, maka bisa segera dikoreksi sebelum terlanjur terkirim.

Mudah-mudahan tips ini membantu.

Sumber:
Databip
Provider SMS Broadcast Sender ID dan SMS Gateway untuk perusahaan dan organisasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar