Kamis, Juli 02, 2009

Mengenal Jenis-Jenis Layanan Aplikasi SMS

Tidak sedikit masyarkat yang masih bingung dengan jenis-jenis layanan aplikasi SMS. Secara umum, layanan SMS ini dibagin menjadi 3, yaitu:

1. SMS Premium

SMS premium ini adalah jenis SMS yang menggunakan 4 digit angka (misal 7799, 9090, dst.) dan menggunakan tarif premium. SMS ini bersifat dua arah, artinya penerima SMS dapat melakukan balasan SMS (reply). SMS premium terkadang juga disebut dengan SMS content.

2. SMS Broadcast

SMS broadcast adalah layanan aplikasi SMS yang dapat memunculkan nama pengirim (aphanumeric number) atau yang sering juga disebut dengan masking sender ID. SMS Broadcast bersifat satu arah, artinya hanya dapat mengirim keluar (outgoing) sementara si penerima tidak dapat melakukan balasan SMS.

Tarif yang dikenakan bisa lebih mahal tetapi bisa juga lebih murah dari tarif normal, tergantung jumlah SMS yang hendak dibeli.
SMS broadcast sering juga disebut dengan istilah SMS blast, SMS sender ID, SMS bulk, SMS masking, dan sebagainya.

3. SMS Gateway

SMS gateway merupakan aplikasi/ software SMS yang menggunakan tarif normal dan bersifat dua arah. Aplikasi SMS gateway dapat digabungkan dengan database perusahaan, sehingga jika pelanggan meminta suatu informasi tertentu via SMS, sistem akan merespon secara otomatis SMS yang dikirimkan tersebut.

SMS gateway biasanya diimplementasikan sebagai SMS Center dari sebuah perusahaan untuk menjembatani komunikasi antara customer dengan perusahaan via SMS.

Untuk saat ini, Databip tidak menyediakan layanan SMS premium, melainkan hanya layanan SMS broadcast dan SMS gateway. Kedua aplikasi ini dapat digabungkan pemakaiannya, sehingga SMS Center perusahaan Anda akan lebih efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar