Minggu, Januari 31, 2010

Sebuah Contoh Penggunaan SMS Broadcast di Restoran atau Cafe

Berkembangnya bisnis makanan membuat semakin banyak restoran-restoran baru dan cafe yang bermunculan, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta. Apalagi, mall-mall baru juga semakin banyak yang dibangun, sehingga otomatis banyak juga restoran dan cafe baru yang dibuka di mall tersebut.

Nah, jaman sekarang, bisnis restoran dan cafe juga sudah mulai memanfaatkan layanan SMS broadcast untuk memaintain relationship dengan member atau pelanggannya.

Salah satu contoh penggunaan SMS broadcast yang baru-baru ini saya dapatkan dari salah satu restoran adalah seperti berikut:


Tunjukkan SMS ini dan dapatkan diskon spesial

Cara ini tergolong cukup kreatif dalam memberikan diskon kepada pelanggan. Biasanya, untuk mendapatkan diskon khusus di sebuah restoran, ketentuannya terlalu bertele-tele dan ribet, misalnya harus makan dalam rupiah tertentu baru dapat diskon, harus punya kartu kredit tertentu, harus memiliki voucher dulu, dan sebagainya.

Kalau terlalu ribet, terkadang pelanggan pun malas untuk berpartisipasi. Nah, dengan cara menggunakan SMS broadcast ini, maka untuk mendapatkan diskon pun sangat mudah, yaitu hanya memperlihatkan SMS tersebut.

Kirimkan hanya kepada pelanggan spesial

Tentunya pihak restoran jangan main asal bidik pelanggan yang hendak diberikan diskon. Sebaiknya ditentukan dulu pelanggan-pelanggan seperti apa yang hendak dituju. Umumnya pelanggan yang diberikan diskon spesial adalah pelanggan-pelanggan yang sering berkunjung ke restoran Anda (loyal customers) atau yang telah memiliki jumlah spending yang besar.

Telusuri database yang Anda miliki dan lihat kira-kira member mana yang sering berkunjung ke restoran Anda atau pelanggan mana yang jumlah spendingnya cukup besar.

Kirimkan pada waktu yang tepat

Kapan biasanya tamu-tamu berdatangan ke restoran atau cafe Anda? Apakah pada siang hari pada saat jam makan siang? Atau lebih sering pada saat malam hari?

Dari situ Anda dapat menentukan waktu yang tepat untuk men-trigger tamu-tamu tersebut datang ke restoran Anda. Jika restoran Anda biasanya ramai di siang hari dan umumnya dikunjungi orang-orang kantoran, Anda bisa kirimkan SMS blast tersebut pada saat menjelang makan siang.

Siapa tahu, banyak dari mereka yang sedang bingung mencari-cari tempat makan, setelah mendapatkan SMS dari Anda, maka restoran atau cafe Anda-lah yang dipilih. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi Anda. :)

Baca juga:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar