Rabu, Januari 27, 2010

Contoh Penggunaan SMS Blast untuk Bisnis Retail

Bisnis retail pada dasarnya bukanlah bisnis B2B (Business-to-Business), karena menjual produknya langsung kepada consumers, bukan ke korporat.

Contoh bisnis retail adalah supermarket, hypermarket, outlet pakaian atau fashion, dan sebagainya.

Dalam membina hubungan dengan para pelanggannya, banyak bisnis retail yang menggunakan layanan SMS blast atau SMS broadcast sebagai media penyampaian informasi yang cepat dan praktis.

Berikut adalah contoh penggunaan SMS blast dalam bisnis retail:

1. Informasi promo atau diskon

Anda pasti sering mendapatkan flyer atau selebaran dari supermarket/ hipermarket tertentu yang berisi produk-produk apa yang sedang diskon di periode tertentu. Biasanya flyer atau brosur ini dibagikan dari rumah ke rumah (diselipkan di pagar).

Nah, selain dengan membagikan selebaran tersebut, channel penyebaran informasi juga dapat menggunakan SMS blast. Pihak retailer bisa dengan mudahnya melakukan broadcast SMS ke seluruh pelanggan, menginformasikan promo-promo khusus. SMS blast ini tentunya akan memunculkan sender ID (masking ID) dari supermarket tersebut, sehingga terlihat lebih kredibel.

2. Pembukaan outlet baru

Namanya bisnis ritel, umumnya memiliki banyak outlet dan terus bertambah. Untuk setiap pembukaan outlet baru, mengapa tidak menggunakan SMS broadcast untuk menginformasikannya kepada pelanggan Anda?

Misalkan Anda hendak membuka outlet di daerah Jakarta Selatan, dan dari database pelanggan yang Anda miliki Anda mengetahui bahwa ada cukup banyak pelanggan Anda yang tinggal di daerah Jakarta Selatan. Nah, selanjutnya Anda tinggal mengirimkan pesan SMS yang ditargetkan kepada pelanggan-pelanggan ini, sehingga mereka senang karena outlet baru Anda kini lebih dekat dari rumah mereka.

3. Informasi jumlah poin

Untuk mall-mall besar, biasanya ada menjalankan program yang namanya loyalty program. Biasanya berupa pengumpulan poin dari pelanggan (yang telah menjadi member) yang dapat ditukarkan hadiah tertentu atau diskon spesial.

Penggunaan software SMS blast dapat mendukung loyalty program yang sedang berjalan, karena dapat digunakan untuk meng-trigger pelanggan tertentu untuk melakukan pembelian lagi jika jumlah poinnya sudah hampir mencapai jumlah tertentu.

Tentunya masih banyak lagi contoh-contoh penggunaan SMS blast yang tidak hanya terbatas pada 3 contoh diatas. Apakah Anda memiliki ide menarik lainnya seputar contoh pemakaian SMS broadcast untuk bisnis retail? Feel free to comment then :)

1 komentar: