Minggu, Februari 21, 2010

5 Tips Mudah dan Murah untuk Mendapatkan Data Customer/ Pelanggan

Ingin melakukan SMS campaign tetapi bingung karena tidak mempunyai database pelanggan? Ingin beli database dari pihak ketiga, tetapi takut datanya tidak valid dan dianggap spamming?

Nah, bagi Anda yang sedang bingung bagaimana cara mendapatkan data-data pelanggan yang berkualitas, berikut 5 tips dari kami yang kami harapkan dapat berguna:

1. Membuat kartu member

Cara ini sudah banyak digunakan terutama oleh perusahaan-perusahaan retail. Tujuannya adalah untuk mendapatkan history transaksi dari si pelanggan, dan tentu saja untuk mendapatkan detail informasi pelanggan.

Jika ada pelanggan yang hendak apply kartu member, biasanya akan disuruh mengisi formulir dahulu, dimana di formulir tersebut nanti akan diisi data-data customer tersebut. Biasanya, untuk membujuk pelanggan mau membuat kartu member, perusahaan akan mengiming-imingi dengan point reward atau hadiah-hadiah lainnya.

2. Lembar kepuasan pelanggan

Cara ini cukup simpel. Cukup berikan lembar kepuasan pelanggan, yaitu semacam lembar survey kepada pelanggan untuk memberikan respon kepuasan mereka dalam menggunakan produk Anda.

Saya pernah makan di sebuah restoran dan di mejanya diselipkan sebuah lembar kepuasan pelanggan. Di lembaran tersebut setiap tamu ditanya mengenai bagaimana kualitas rasa, pelayanan, kebersihan, dan sebagainya.

Di bagian bawahnya, tamu diminta juga mengisikan informasi seperti tempat tinggal, nomor handphone, tanggal lahir, dan sebagainya. Aha, kini Anda sudah memiliki data pelanggan Anda!

3. Kartu garansi

Setiap kita membeli perangkat elektronik, biasanya ada terselip kartu garansi yang diminta dikirimkan kembali beserta data-data kita. Ini juga merupakan salah satu cara mendapatkan data-data pelanggan yang telah membeli produk kita.

4. Quiz and Polling

Mengapa tidak melakukan quiz atau polling? Selain dapat menciptakan interaksi dengan customer Anda, cara ini juga efektif dalam mengumpulkan database.

Quiz dan polling dapat ditampilkan di website Anda, dan untuk setiap orang yang ingin berpartisipiasi harus mengisi data-data terlebih dahulu. Ada sebuah stasiun radio yang mengharuskan setiap pendengarnya memberikan data-data melalui SMS jika hendak me-request lagu untuk diputarkan.

5. Mengumpulkan kartu nama

Cara ini sangat simpel. Jika Anda bertemu beberapa relasi baru, mintalah kartu nama mereka. Atau jika Anda sedang mengadakan pameran atau seminar, sediakan satu wadah sebagai tempat kartu nama para peserta acara.

Jika Anda sering menghadiri acara-acara seminar, maka Anda pasti pernah mengalaminya. Di bagian penerimaan tamu, Anda akan dimintai kartu nama Anda. Ini juga merupakan salah satu teknik mengumpulkan database yang cukup efektif.

Tidak semua cara tersebut sesuai untuk semua jenis industri. Anda dapat memilih cara mana yang lebih sesuai dengan jenis usaha atau industri Anda. Selamat mencoba. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar