Jumat, Agustus 14, 2009

Jangan Sampai SMS Bulk Anda tidak Efektif

Pada dasarnya, tujuan sebuah perusahaan menggunakan layanan SMS Bulk adalah untuk melakukan SMS promo dan juga untuk menyebarkan informasi kepada basis pelanggannya. Namun, jika tidak hati-hati, penggunaan SMS Bulk dapat menjadi tidak efektif.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat membuat penggunaan SMS Bulk Anda menjadi kurang efektif atau kurang disukai:

1. Menggunakannya untuk spamming
Penerima SMS yang merasa risih malah akan mencap jelek perusahaan Anda karena telah mengganggu privasi mereka.

2. Mengirimkan terlalu sering
Jangan terlalu over dalam mengirimkan SMS kepada pelanggan Anda. Kirimkan jika timingnya memang tepat.

3. Melakukan blast SMS pada waktu yang kurang tepat
Misalnya adalah mengirim SMS pada jam tidur atau malam hari, terlalu pagi, atau diluar jam kerja.

4. Mengirimkannya tidak tepat sasaran
Apa jadinya jika Anda mengirimkan SMS reminder penagihan kepada customer yang telah membayar, atau ucapan ulang tahun padahal harinya sudah lewat seminggu yang lalu?

Jadi, sebelum Anda menggunakan SMS Bulk tersebut, pertimbangkanlah poin-poin diatas. SMS memang memiliki keunggulan karena pesan dapat disampaikan langsung kepada pemilik handphone, namun disisi lain hal ini juga mudah mengganggu privasi pelanggan Anda jika Anda terlalu over dalam pemakaian. Ada lagi yang ingin menambahkan?

Senin, Agustus 10, 2009

7 Keuntungan Menggunakan SMS Blast untuk SMS Marketing

Menggunakan SMS Blast untuk promosi, advertising atau marketing memiliki beberapa keuntungan dibandingkan media promosi lain, yaitu:

1. Cost Saving
Anda dapat mengirimkan banyak SMS sekaligus dengan harga per SMS yang murah.

2. Time Saving
Anda tidak perlu membuat pesan Anda satu per satu jika hendak mengirimkan ke banyak nomor. Cukup membuatnya sekali dan kemudian bisa Anda broadcast sekaligus kepada group customer tertentu.

3. Kemudahan tracking
Sangat mudah mengetahui status dari pesan SMS blast yang terkirim, karena terdapat laporan apakah pesan Anda delivered, queue, atau fail.

4. Fast
Pesan akan terkirim dalam waktu yang relatif cepat, dan proses pengiriman SMS juga cepat meskipun harus mengirim banyak nomor sekaligus.

5. Melewati batas-batas geografis
Tidak seperti media cetak dan brosur, SMS blast lebih efisien digunakan karena dapat dikirimkan kepada pelanggan Anda dimanapun juga tanpa terhalang oleh jarak dan lokasi.

6. Pesan yang mudah disimpan
Hampir semua orang membaca pesan SMS yang masuk sebelum menghapusnya. Jika SMS blast Anda berisi promosi yang menarik bagi penerima SMS, maka pesan SMS Anda akan selalu disimpan dalam handphone mereka, sehingga tidak mudah hilang dan akan selalu dibawa-bawa.

7. Mudah diforward ke orang lain
Jika penerima SMS merasa tidak tertarik atau belum butuh dengan SMS promo Anda, mereka dapat dengan mudah mem-forward SMS tersebut ke teman-temannya atau orang lain yang mungkin tertarik dengan SMS Anda.

Kamis, Agustus 06, 2009

SMS Bulk: Trend Metode Advertising dengan Mobile Technology

Di jaman yang penuh dengan kompetisi ini, kemanapun Anda melangkah Anda akan menemukan kompetitor Anda. Untuk menang dalam persaingan, banyak perusahaan menggunakan cara-cara baru dan kreatif agar tidak tertinggal dari kompetitor mereka. Salah satu teknologi yang digunakan adalah dengan melakukan promosi atau advertising melalui SMS Bulk.

Pertimbangannya adalah bahwa di jaman sekarang ini, customer semakin sibuk dan semakin mobile. Gadget yang selalu mereka bawa-bawa adalah handphone untuk mendukung aktifitas mereka yang mobile. Apalagi, pengguna telepon selular juga terus meningkat.

Fenomena ini telah menciptakan ide-ide baru bagi para marketer dalam melakukan advertising dan promosi melalui SMS Bulk kepada customer. SMS Bulk telah menjadi media pemasaran yang efektif karena kebanyakan orang sekarang telah "addicted" dengan SMS dan digunakan oleh tua dan muda.

Dengan jumlah cost yang efisien, perusahaan kini dapat menjangkau banyak pelanggannya sambil menancapkan brand awareness di benak mereka, karena SMS Bulk yang dikirimkan dapat memunculkan Sender ID pengirim. SMS Bulk juga efektif digunakan untuk memancing pembelian atau repeat order dari customer melalui pengiriman SMS yang berisi promo-promo, special offer, new product, dan sebagainya.

Bagaimana pendapat Anda mengenai fenomena ini?


SMS Gateway untuk Pelayanan Customer yang Lebih Baik

Banyak perusahaan-perusahaan yang mulai menyadari pentingnya mengimplementasikan software atau sistem aplikasi SMS Gateway sebagai SMS Center di perusahaan mereka, yang berfungsi menjembatani hubungan komunikasi antara perusahaan dengan pelanggannya.

Meledaknya pengguna handphone membuat banyak orang berkomunikasi dengan SMS atau text messaging. Hal ini dimanfaatkan juga oleh perusahaan-perusahaan yang ingin menjaga relasi dengan konsumen atau pelanggannya.

Dengan menggunakan SMS Gateway, customer ataupun calon customer potensial bisa mendapatkan informasi terupdate yang diinginkannya melalui SMS. Contoh pemakaiannya bisa beragam, mulai dari permintaan informasi status pengiriman barang (untuk perusahaan kurir), informasi saham (perusahaan broker), check point (MLM), dan sebagainya.

Untuk setiap SMS yang dikirimkan oleh pelanggan atau user (misalnya dengan format REG), maka sistem SMS Gateway akan memberikan balasan otomatis sesuai dengan informasi yang diminta, atau disebut juga dengan Autoresponder.

Dengan demikian, perusahaan Anda selalu dapat melayani pelanggan Anda secara 7 x 24 jam, dan respon yang diberikan pun lebih cepat. SMS Gateway ini juga cocok dijadikan sebagai media untuk menciptakan interaksi dengan pelanggan Anda, karena dapat digunakan sebagai SMS Quiz dan SMS Polling.

Bagi perusahaan yang ingin mengaplikasikan software SMS Gateway, Databip menyediakan layanan SMS Gateway dengan fitur-fitur lengkap, software dengan interface yang mudah digunakan, dan customizable sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Info lebih lanjut klik: SMS Gateway Databip